Penyebab Jerawat Batu Yang Jarang Disadari

Penyebab Jerawat Batu Yang Jarang Disadari

Penyebab Jerawat Batu Yang Jarang Disadari – Yang namanya jerawat memang sangat menjengkelkan, apalagi jenis jerawatnya adalah jerawat batu. Selain bisa mengganggu penampilan, jerawat batu juga bisa menimbulkan rasa sakit di wajah.

Jerawat batu yang berbentuk besar dan merah merupakan jenis jerawat yang disertai dengan peradangan, jadi memang lebih sakit rasanya.

Sebelum kamu berusaha mengatasi masalah jerawat batu, sebaiknya kalian ketahui apa saja penyebab dari jerawat batu berikut ini!!

 

1. Gen

 

Hal pertama yang Beautylovers ketahui adalah factor genetic. Apakah orang tuamu memiliki jenis wajah berminyak dan jerawatan?

Jika memang IYA, maka jerawat batu yang sering kamu alami harus bisa jadi disebabkan karena masalah genetic.

Jerawat batu lebih mudah tumbuh di kulit yang berminyak. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak maka kamu akan sangat rentan terkena jerawat batu.

Sebaiknya, kalian rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak. At least, hal tersebut bisa mencegah jerawat batu tidak muncul kembali.

 

2. Penggunaan Kosmetik

 

Penggunaan kosmetik memang bisa meningkatkan rasa percaya diri dan bisa membuatmu tampil lebih cantik.

Namun kamu perlu memperhatikan satu hal, bahan kosmetik yang ada didalamnya karena bisa jadi kosmetik yang kalian gunakan bisa menyebabkan jerawat batu.

Apalagi bagi kalian yang memiliki jenis kulit sensitive, penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah kondisi kulitmu.

Penggunaan make up yang berlebihan dan kamu tidak membersihkannya dengan segera, maka bersiaplah karena jerawat batu akan bersarang pada kulitmu.

Make Up yang memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak bisa menyebabkan jerawat batu muncul, jadi sebaiknya pilihlah make up yang ringan dikulit.

 

3. Faktor Hormon Dalam Tubuh

 

Fase pubertas, kondisi hormone androgen yang meningkat bisa menyebabkan jerawat semakin meradang.

Pada saat itu kulitmu akan memproduski sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya jerawat batu akan muncul.

Saat wanita mengalami fase menstruasi juga bisa meningkatkan level hormon androgen dan estrogen sehingga prduksi sebum meningkat.

Mengkonsumsi pil KB, masa kehamilan dan stress berat bisa memicu produksi minyak yang berlebihan karena hormone yang kurang stabil. Semua perubahan hormone yang signifikan menjadi penyebab munculnya jerawat batu.

 

4. Pertumbuhan Sel Kulit Yang Abnormal

 

Pertumbuhan kulit yang kurang normal terjadi pada saat proses regenerasi sel kulit, dan ternyata hal tersebut bisa menjadi salah satu mpenyebab jerawat batu.

Pada saat sel kulit mati menumpuk dalam folikel rambut, maka ia akan bercampur dengan bakteri. Hal tersebut yang menjadi penyebab tumbuhnya jerawat batu.

Seharusnya, proses regenerasi sel kulit mati berlangsung sangat cepat, sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati di dalam folikel rambut.

 

5. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

 

Gaya hidup yang kurang sehat bisa menyebabkan timbulnya jerawat batu. Gaya hidup tersebut misalnya merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurang minum air putih dan kurangnya waktu untuk beristirahat.

Tidak ketinggalan hal yang sering kalian lakukan yaitu menggaruk wajah dengan tangan kotor, ternyata bisa memicu timbulnya jerawat batu.

So, ubahlah gaya hidupmu sekarang agar kamu terhindar dari jerawat batu.

Itulah beberapa penyebab jerawat batu yang nantinya bisa Anda waspadai. Jika kalian masih memiliki pertanyaan atau solusi masalah kulit wajah, kalian bisa konsultasikan masalah kulit wajahmu di 081 129 954 01 atau langsung saja klik tombol whatsapp dibawah ini!

316 total views, 2 views today



%d bloggers like this: